Monday, December 19, 2016

Banda Neira - Yang Patah Hilang, Yang Tumbuh Berganti

               Duo Ananda Badudu dan Rara Sekar, Banda Neira, akhirnya merilis versi fisik Album kedua mereka, selang dua pekan setelah meluncurkan album ‘Yang Patah Tumbuh, yang Hilang Berganti’ dalam format digital, di bawah label rekaman Sorge Records. Ada dua cakram padat (CD) dalam rilisan fisik terbaru dari Banda Neira. CD pertama diberi judul Yang Patah Tumbuh dan yang kedua Yang Hilang Berganti. Banda Neira mengeluarkan rilisan cakram ganda karena satu keping tak cukup untuk menampung 15 lagu yang ada pada album kedua mereka. “Durasinya sampai 120 menit,” kata Ananda Badudu.

Kali ini Banda Neira melibatkan banyak musisi tamu untuk memperkaya musik mereka, di antaranya komponis Gardika Gigih, musisi astral Layur, dan trio dawai Suta Suma Pangekshi, Jeremia Kimosabe, serta Dwi Ari Ramlan. “Kami ingin membuat sesuatu yang berbeda dibanding album pertama,” kata Rara.

“Dari segi musik dan instrumentasi, kami lebih banyak berkiblat pada pentas kolaborasi Kita Sama-sama Suka Hujan ketimbang album pertama Berjalan Lebih Jauh,” kata Ananda.

Rentang pengumpulan materi album terbaru Banda Neira memakan waktu yang lebih panjang dibanding album pertama. 10 materi dalam Berjalan Lebih Jauh dibikin selama enam bulan. Sementara pengumpulan 15 materi dalam album kedua ini berlangsung selama tiga tahun. “Ada lagu yang dibikin tiga tahun lalu, ada juga yang baru selesai pada hari H rekaman,” kata Rara.

Album kedua mereka terdiri dari dua CD. Pada CD pertama, yang dinamakan CD Yang Patah Tumbuh, terdapat delapan lagu. “Itu adalah lagu-lagu yang lumayan riang,” kata Rara Sekar. Banda Neira berpatokan pada nuansa lagu dalam membagi-bagi lagu. Lagu-lagu yang terdengar riang bersahaja ditempatkan di CD pertama. “Yang terdengar berat dan lirih ditaruh di CD dua,” kata Rara. Dalam CD kedua, alias CD Yang Hilang Berganti, terdapat tujuh lagu yang menurut Banda Neira nuansanya lebih dalam dan kontemplatif.

Banda Neira mengajak ilustrator Feransis untuk menjadi desainer artistik keseluruhan album. Gambar-gambar yang terdapat dalam CD seluruhnya adalah gambar Feransis, ilustrator yang juga menangani desain album pertama Banda Neira.



Mp3  |  320 Kbps

Year Of Release: 2016
Genre: Folk
Label: Sorge Records

Tracklist
01. Matahari Pagi
02. Sebagai Kawan (Menampilkan Jeremia Kimosabe)
03. Pangeran Kecil
04. Pelukis Langit
05. Utarakan
06. Biru (Menampilkan Layur)
07. Bunga
08. Sampai Jadi Debu (Menampilkan Gardika Gigih)
09. Langit Dan Laut
10. Re: Langit Dan Laut
11. Mewangi
12. Derai-Derai Cemara (1949) Musikalisasi Puisi Chairil Anwar
13. Tini Dan Yanti
14. Benderang
15. Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti

Download
Openload  |  Userscloud  |  Uptobox

0 comments :