Thursday, November 7, 2013

Andra and The Backbone - Victory

Andra and The Backbone resmi merilis album mereka yang terbaru di bawah naungan label Universal Music Indonesia dan juga yang pertama dijual melalui Texas Chicken via Bermuda Music. Di album kelima ini terdapat 10 lagu yang bisa dinikmati oleh pecinta musik tanah air.

Alhasil, album tersebut memuat lima lagu baru atas permintaan Universal dan lima lagu lama atas permintaan Texas. Langkah tersebut membuat hadirnya rasa pengulangan karena album studio ketiga mereka, Love, Faith & Hope, juga terdiri dari lima lagu baru dan lima lagu lama, namun dibawakan secara akustik. Ada pun lima lagu lama Andra and the Backbone pada "Victory" adalah “Musnah”, “Sempurna”, “Main Hati”, “Tak Ada yang Bisa”, dan “Hitamku”.

Lagu-lagu tersohor mereka yang seakan dijadikan umpan untuk menggiring khalayak dalam membeli album ini. Sementara itu, lima lagu baru Andra and the Backbone pada "Victory" mencakup lagu berjudul sama dengan tajuk album yang dijadikan pembuka album. Dengan bahasa Inggris, lirik “Victory” bertema soal sikap pantang menyerah; membuat lagu ini, juga karena aransemennya yang membangun, layak diputar untuk ajang berbau olah raga—RCTI menggunakannya saat Arsenal menyambangi Jakarta—dan, sayangnya, menjadi satu-sa-tunya lagu baru Andra and the Backbone yang menonjol pada album.

Bahkan “Lebih dari Siapa Pun” yang ditunjuk sebagai single merupakan nomor menjemukan dengan warna datar dan lirik umum, seperti pada refrain: “Tapi percayalah bahwa hati ini/Hanya untuk kamu/Hanya untuk hatimu/Tak kan ada ruang untuk hati yang lain.” Lagu “Hikayat Cinta” memiliki alur fluktuatif, dalam artian positif, namun lirik yang tidak impresif (“Daun pun jatuh/Seperti air mata/Yang dulu pernah meleleh di pipimu”).

Lirik memang bukanlah kekuatan terbesar Andra and the Backbone sejak awal, namun standarnya seolah diturunkan lagi lewat album ini. Keputusan band untuk jadi lebih minimalis lewat lagu-lagu baru—perhatikan berkurangnya penggunaan distorsi pada gitar—ternyata tidak berbuah manis.



FLAC / 1411 / CD
MP3 / 320 / CD

Year Of Release: 2013
Genre: Rock
Label: Universal Music Indonesia, Bermuda Music

Tracklist
01. Victory
02. Lebih Dari Siapapun
03. Hidup Ini
04. Hikayat Cinta
05. Takluk
06. Musnah
07. Main Hati
08. Sempurna
09. Hitamku
10. Tak Ada Yang Bisa

Download
FLAC
Uploaded
Part1
Part2

TusFiles
Part1
Part2

HugeFiles
Part1
Part2

FileOM
Part1
Part2

MP3
Uploaded

TusFiles

HugeFiles

FileOM

1 comment :