Monday, August 5, 2013

Once Mekel - Once

            Once adalah album studio solo perdana oleh penyanyi Indonesia Once Mekel. Album ini dirilis pada tahun 2012, setelah Once berhenti sebagai vokalis band Dewa 19 yang dibubarkan pada tahun 2011. Album ini mengusung singel berjudul "Pasti Untukmu". Beberapa singel solo Once terdahulu juga dimasukan di album ini, seperti "Dealova" (2005), "Ku Cinta Kau Apa Adanya" (2007), dan "Hilang Naluri" (2011). Once yang dinobatkan sebagai salah satu dari 50 Greatest Indonesian Singers versi majalah Rolling Stone Indonesia edisi Desember 2010 (urutan 40) memiliki karakter dan kekuatan vocal yang unik. Nama Once mulai dikenal pendengar musik Indonesia ketika bergabung dengan Dewa 19 sejak di album Bintang Lima (2000). Album yang meraih angka penjualan lebih dari 1 juta keping. Karirnya bersama Dewa 19 berlanjut sampai album Kerajaan Cinta (2007) sampai dia memutuskan keluar dari group tersebut. Karir bermusik Once sebenarnya bermula ketika dia kuliah (masuk kuliah 1989) bersama Andy Liany, Pay, Ronald membentuk band Fargat 27. Sempat pula merilis single berjudul Juwita Pandang di kompilasi Salah Apa Aku (1991) yang berisi single-single dari Trie Utami, Malyda, Fariz RM, Deddy Dhukun. Kemudian di tahun 1999, dia menyanyikan lagu Anggun di album kompilasi 10 Fresh Hits Nah! Selama masih menjadi vokalis Dewa 19, Once sempat merilis lagu Dealova dari OST Dealove (2005), Ku Cinta Kau Apa Adanya (2007), Simphony yang Indah (2010). Album self-title ini berisi 10 lagu dimana 2 lagu (Pasti Untukmu & Hilang Naluri) telah diluncurkan sebelumnya di tahun 2011.

The Songs

Enam dari sepuluh lagu di album ini adalah ciptaan Once sendiri. Hampir semuanya bertema cinta antar dua anak manusia kecuali Hidup Ini. Lagu ini cukup menarik dan menggugah untuk disimak. Dan, urutan lagu dalam album ini adalah:

Pasti Untukmu merupakan lagu di track 1. Lagu ini telah dirilis sebagai single di tahun 2011. Dari judulnya, sudah bisa ditebak lagu ini berkisah tentang yang cinta sepasang manusia. “hanya aku yang s’lalu di hatimu/yang pasti untukmu”

Lagu Mystified di track 2 adalah sebuah lagu bernuansa hard blues rock yg diciptakan Once tahun 1993. Tepatlah jika Once berkolaborasi dengan Gugun Blues Shelter. Sebuah group yang terus menanjak popularitas karena musik mereka yang asik. Lagu ini mengisahkan seorang wanita yang bisa membuat tergila-gila pria.

I Still Love You di track 3 bercerita tentang penyesalan atas sebuah hubungan cinta yang tak tersampaikan. “Terlambat ku memahamimu/Terlalu sakitnya hatimu/Hadapi semua sikap ego ku/Kau S’makin jauh dari pelukku”. Lagu ini diciptakan oleh Younky Soewarno, Marijati dan Lina. Younky Soewarno dan Marijati adalah orang di belakang sukses album-album AB Three.

Di track 4, ada lagu Hilang Naluriku. Lagu ini ciptaan Dewi Q dan A Riyanto. Pencantuman nama (alm) A Riyanto dilakukan karena ada sedikit notasi dari lagu ciptaan almarhum. Lagu ini bercerita tentang hubungan yang bertepuk sebelah tangan. “Dia sama sekali tak cintai diriku/Dia hanya memanfaatkan diriku”

Hidup Ini di track 5 adalah sebuah lagu yang menggugah arti hidup. “Temukan kembali sesuatu yang/Sejati jauh di sanubari/Temukan lagi dirimi di dalam/Dirimu”. Terdapat nama Rindra Padi sebagai pencabik bass di lagu ini.

Hari Ini Juga pada track 6 jika diterjemahkan dalam bahasa Inggris adalah “It’s Now Or Never”. “Hari ini juga kau ‘kan jadi milikku/Atau untuk selamanya ku harus melupakanmu”. Nah, lho!

Di track 7, lagu Satu Dari Sejuta adalah sebuah nasihat kepada seorang teman untuk tak melewatkan seorang wanita yang sempurna. “Tak kan bisa dicari gantinya/Walau ke ujung dunia/Tak kan bisa dicari gantinya/Karna wanita seperti dia u..u..u..u../Satu dari sejuta/Satu dari sejuta”

Selain Mystified, lagu Missing You di track 8 adalah lagu yang berlirik bahasa Inggris. Lagu ini bercerita tentang kekaguman kepada seorang wanita dan bagaimana tak bisa melupakan wanita tersebut meskipun waktu terus berjalan.

Track 9 dan 10 adalah 2 lagu yang sudah akrab bagi pendengar musik Indonesia. Ku Cinta Kau Apa Adanya (Aku Mau) (2007) ciptaan Sandy, Pay & Dewiq dan Dealova ciptaan Opick yang merupakan OST Dealove (2005)

Dari pilihan 10 lagu pada album ini, sayangnya, lagu Simphony yang Indah, yang didaur ulang dari suara Bob Tutupoly lewat album Festival Lagu Populer Indonesia 1980 tak dimasukkan di sini. Padahal, lagu yang dibawakan oleh Once ini memberi suasana baru pada lagu lama tersebut. Terlalu bagus untuk tak dimasukkan dalam album ini.
MP3 / 320 / CD
FLAC / 1411 / CD

Year Of Release: 2012
Genre: Pop
Label: Aquarius Musikindo

 Tracklist
01. Pasti Untukmu
02. Mystified (Feat. Gugun Blues Shelter)
03. I Still Love You
04. Hilang Naluri
05. Hidup Ini
06. Hari Ini Juga
07. Satu Dari Sejuta
08. Missing You
09. Kucinta Kau Apa Adanya (Aku Mau)
10. Dealova (Bonus Track)

Download

MP3
Uploaded
HugeFiles
SFshare
FileOM

FLAC
Uploaded
HugeFiles
SFshare
FileOM

2 comments :