Tuesday, May 17, 2016

Sarasvati - Ratimaya

                Sarasvati, band asal Bandung yang beranggotakan 8 orang personil ini tak pernah absen membuat album. Entah mini album, full album, ataupun album kolaborasi. Tercatat sudah 4 album yang dihasilkan, sepanjang 5 tahun perjalanan karier bermusik mereka. Antara lain Story of Peter (2010), Mirror (2012), Sunyaruri (2013), Ballades (kolaborasi dengan Gran Kino 2015).
Selama hampir 6 bulan, mereka meramu sebuah album baru yang akan diluncurkan pada tanggal 1 Oktober 2015 dengan konsep konser musik teatrikal di  Sasana Budaya Ganesha, Bandung. Album ini berjudul “Ratimaya Sarasvati”, yang artinya Bayangan Keindahan. Yang menarik dari album ini adalah konsep pengemasan lagu di dalamnya. Ada sebuah benang merah yang akhirnya menghubungkan 10 lagu yang ada di album baru ini. Sebuah sosok fiktif bernama Ratimaya diangkat menjadi jarum yang menjahit benang album ini. Tak hanya itu, di album ini Sarasvati juga berkreasi membuat  Audio Book yang menjadi penghantar antar lagu.
Ada yang menarik disini, album ini tak lagi soal hantu. “Ini adalah cita-cita kami sejak lama,” ungkap Risa mewakili personil lainnya.
Demajors didaulat menjadi label dari album terbaru Sarasvati. Label musik independent ini berani menaungi Sarasvati yang sebelumnya tak pernah berada di bawah naungan label. Ini akan menjadi sebuah album yang baru, dan tentu saja, segar. Musik yang didominasi piano, string, kecapi, suling dan nada-nada minor, masih menjadi menu utama dalam album ini. Lirik lagu pun beranekaragam, setengahnya persen bahasa indonesia, sisanya berbahasa Inggris dan sunda.
Sarasvati dulu adalah project solo dari sang vokalis yang bernama Risa Saraswati. Nama belakang Risa juga yang mengilhami nama belakang ini. Sarasvati adalah tulisan Sanskrit dari Saraswati. Seiring berjalannya waktu, Sarasvati yang sempat berubah-ubah formasi akhirnya memutuskan untuk dikukuhkan sebagai sebuah band. Dengan formasi akhir band ini adalah Risa Saraswati (Vokal), Marshella Safira (Vokal Latar), Hinhin Akew (Gitar), Gallang perdhana (Bass), Gigi Priadji (Sequencer), Papay Soleh (Drum), Kevin Rinaldi (Kibor), dan Iman Jimbot (Kecapi & Suling).
Musik Sarasvati yang didominasi piano, string, kecapi suling, dan nada-nada minor masih menjadi menu utama dalam album ini. Lirik lagu pun beranekaragam, 50% bahasa indonesia, 45% bahasa Inggris, dan 5 persen bahasa sunda. Tercatat di album sebelumnya Sarasvati mengajak beberapa nama musisi untuk berkolaborasi, antara lain Tulus, Cholil ERK, Dewa Budjana, dan Ink Rosemary. Di album ini Sarasvati mendaulat Anji dan Agung Burgerkill untuk berkolaborasi di dua lagu mereka. Yang tak kalah menarik, di album ini Sarasvati mengaransemen sebuah lagu milik Homogenic, band yang pernah membesarkan nama Risa Saraswati (vokal) sebelum membentuk Sarasvati.


Mp3  |  320 Kbps
FLAC  |  1141 Kbps

Year Of Release: 2016
Genre: Demajors
Label: Indie Pop, Electronic

Tracklist
01. Centhini
02. Takut
03. Moon and Star (feat. Anji Manji)
04. Apakah Mata Kami Buta
05. Ananta Prahadi
06. Oh Dear
07. Unfolding Sympathy
08. Karam
09. Rasuk (feat. Agung Burgerkill)
10. Wizard Girl

Download
Mp3
Openload   |   Userscloud   |   Uptobox

FLAC
Openload   |   Userscloud   |   Uptobox

2 comments :